Tags

, , , , , , , , ,

Aladin versi Indonesia: berkumis, berblangkon, dan selalu bawa monokel kemana-mana :D

Aladin versi Indonesia: berkumis, berblangkon, dan selalu bawa monokel kemana-mana πŸ˜€

“Kami di Mister Aladin percaya bahwa traveling adalah sesuatu hal yang ajaib, sesuatu yang magical. Oleh karena itu, kami memiliki misi untuk menginspirasi setiap orang di Indonesia untuk menjelajahi dunia.” Demikian tutur James Prananto selaku Deputy Head of Travel Mister Aladin dalam event blogger gathering bertajuk “Kongkow Bareng Food & Travel Blogger” di Cafe Batavia, 23 April silam. “Dengan mengusung tagline sebagai teman travel terbaikmu, Mister Aladin berupaya untuk mengerti dan memenuhi semua kebutuhan traveling para Aladiners“.

Mister Aladin? Teman travel terbaik? Mau memenuhi semua kebutuhan traveling? Hiihh.. Emang ada ya teman travel yang segitu baiknya? Jadi penasaran, siapa sih Mister Aladin itu?

Mister Aladin merupakan travel company baru di Indonesia yang menawarkan jasanya secara online, dengan fokus bidang usaha pada penyediaan beragam pilihan hotel dan travel deals dengan harga penawaran terbaik. Mereka menyebutnya sebagai “harga teman”.

Tampilan website Mister Aladin di misteraladin.com

Tampilan website Mister Aladin di misteraladin.com

Oh, situs booking travel online. Udah banyak banget kalau itu sih. Semakin menjamur seiring bergesernya traveling menjadi kebutuhan primer. Kalau mau sukses bersaing, seharusnya, sih, Mister Aladin ini punya sesuatu yang istimewa sebagai pembeda. Jadi apa dong istimewanya Mister Aladin ini hingga berani bersaing dengan pemain lain meski terbilang masih anak bawang?

Dari sisi harga, Mister Aladin mengklaim bahwa mereka adalah satu-satunya situs travel online yang berani memberikan diskon hingga 90%, dimana harga yang tertera pada websitenya sudah merupakan harga final tanpa ada biaya tambahan apapun lagi. “Di Mister Aladin kami memiliki rules bahwa travel deals setidaknya harus 40% di bawah publish rate“, ucap Mister James meyakinkan audience.

Tak hanya sebatas sebagai penyedia jasa travel; sebagai teman travel terbaik, Mister Aladin juga berbagi ide dan inspirasi destinasi wisata dengan para pejalan melalui blog dan travel guide yang bisa didownload di websitenya secara gratis. Sebuah nilai tambah yang belum tentu dimiliki situs travel online lain. “Kami ingin para pengunjung Mister Aladin merasakan full experience sejak sebelum hingga setelah pembelian.”

Dari segi pelayanan, Mister Aladin menjamin adanya transaksi online yang aman serta kemudahan dan kecepatan dalam bertransaksi; dimana pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank, atm, internet banking, maupun kartu kredit. Bila mengalami kesulitan saat bertransaksi, tim customer service-nya juga bisa dihubungi secara online melalui fasilitas livechat di website, email, atau telepon.

Feature Mister Aladin

Feature Mister Aladin

Untuk menguji kehandalan pelayanan Mister Aladin sekaligus membuktikan ucapan Mister James yang menjanjikan bahwa travel deals setidaknya bertarif 40% di bawah publish rate, saya pun berselancar ke websitenya di misteraladin.com untuk melakukan simulasi pemesanan hotel dan travel deals, sekaligus membandingkan tarifnya dengan situs travel online lain.

***

Pesan hotel dalam empat langkah mudah

1. Masuk ke website Mister Aladin dan mulai lakukan pencarian

Misalnya saya pengin menghabiskan libur long weekend pertengahan Mei ini di Phuket, Thailand. Berhubung nggak pengin ribet dengan urusan hotel saat berlibur nanti, maka saya memilih untuk mencari penginapan secara online dengan membuka website Mister Aladin di misteraladin.com. Saat websitenya terbuka, pada bagian atas halaman utamanya akan muncul form untuk pemesanan hotel yang kemudian saya input dengan keterangan sebagai berikut:

Isi form sesuai rencana perjalanan, lalu klik "Cari Hotel"

Isi form sesuai rencana perjalanan, lalu klik “Cari Hotel”

2. Filter hasil pencarian

Berhubung pilihan dari hasil pencariannya banyak banget (419 hotel), maka saya pun melakukan filter berdasarkan rentang harga antara Rp 0 – Rp 500.000 sehingga terjaringlah 150 pilihan hotel yang sesuai dengan kriteria pencarian saya. Hasil pencarian ini masih bisa dipersempit lagi dengan melakukan filter terhadap rating hotel dan rating TripAdvisor. Selain itu, hasil pencarian juga bisa diurutkan berdasarkan harga dan ratingnya; baik dari yang terendah hingga tertinggi maupun sebaliknya.

Hasil pencarian dan filter terhadap 419 hotel. Perhatikan bubble orangenya!

Hasil pencarian dan filter terhadap 419 hotel. Perhatikan bubble orangenya!

Dari hasil filter pertama terhadap harga, selanjutnya saya tidak tertarik untuk mengutak-atik hasil pencarian lagi karena Mister Aladin telah mengurutkan hasil pencarian saya berdasarkan hotel dengan diskon tertinggi.

Bila merunut pengalaman traveling saya selama ini, belum pernah ada sejarahnya saat long weekend saya bisa menemukan hotel yang mau berbaik hati memberikan potongan harga. Secara normal, moment long weekend justru merupakan kesempatan emas bagi para pengusaha hotel untuk menaikkan tarifnya. Lha, kok, ini di Mister Aladin saya malah menemukan hotel yang bahkan memberikan potongan hingga 72%!

Bila dilihat dari rating TripAdvisornya, rata-rata hotel yang memberi diskon pun bukanlah hotel ecek-ecek dengan rating alakadarnya. Hotel Simplitel yang berani memberikan diskon hingga 72% bahkan memiliki rating TripAdvisor hampir sempurna dengan jumlah pengulas lebih dari 300 orang. Kok bisa, sih, Mister Aladin sekeren itu?

Nanti dulu! Sebelum tergoda lebih jauh dan melakukan pemesanan, saya pun membandingkan harga Mister Aladin dengan harga di situs booking hotel online lain. Setelah berselancar dan melakukan pencarian di situs Skyscanner untuk pemesanan Hotel Simplitel di tanggal yang sama, hasil survei menunjukkan bahwa ternyata harga Mister Aladin memang masih lebih murah dibanding tujuh situs booking hotel online lain. Okelah kalau begitu. Pesan!

Hasil survei Skyscanner untuk hotel dan tanggal yang sama

Hasil survei Skyscanner untuk hotel dan tanggal yang sama

3. Pilih hotel dan lakukan pemesanan

Setelah yakin dengan pilihan menginap di Hotel Simplitel, selanjutnya Mister Aladin akan menggiring saya ke halaman opsi pemesanan untuk melakukan update tanggal perjalanan dan memilih tipe kamar yang sesuai budget dan kebutuhan. Selain itu, di halaman ini saya juga bisa memperoleh gambaran singkat tentang fasilitas hotel berikut mempelajari peta lokasinya untuk mengetahui seberapa strategiskah letaknya dari ruang publik dan objek wisata. Info ini penting banget untuk memperkirakan alokasi budget transportasi.

Informasi singkat tentang fasilitas dan peta lokasi hotel

Informasi singkat tentang fasilitas dan peta lokasi hotel

4. Bayar sebelum batas waktu yang ditentukan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan rincian pemesanan beserta tagihannya telah sesuai; lalu lengkapi data pelanggan dan pastikan bahwa email yang disertakan adalah email yang valid. Selanjutnya pilih metode pembayaran yang diinginkan dan lunasi tagihannya sebelum batas waktu pembayaran berakhir. Bila transaksi telah berhasil, Mister Aladin akan mengirimkan email konfirmasinya dalam kurun waktu kurang dari 2 jam.

Lengkapi data pelanggan dan pastikan rincian pemesanan telah sesuai

Lengkapi data pelanggan dan pastikan rincian pemesanan telah sesuai

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan segera lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan

Pilih metode pembayaran yang diinginkan dan segera lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan

Oke! Sejauh ini Mister Aladin terbukti handal dalam hal kemudahan dan kecepatan bertransaksi. Lalu bagaimana dengan kualitas pelayanannya? Mari kita buktikan lagi!

Piknik murah dengan Travel deals dari Mister Aladin

Saat mengakses menu travel deals pada tanggal 4 Mei 2015, setidaknya ada lebih dari 40 list travel deals yang ditawarkan; meliputi penawaran hotel, resto, spa, watersport, paket tur, tiket masuk wahana, dan rental mobil. Bila ditelisik dengan seksama, hampir semua travel deals yang ditawarkan memang memiliki tarif yang terpangkas lebih dari 40% dari publish rate.

Nampol banget gak sih diskonnya?!

Nampol banget gak sih diskonnya?!

Awalnya saya hanya berniat melakukan simulasi pemesanan untuk menguji kemudahan dan kecepatan mekanisme transaksi di Mister Aladin. Tapi setelah menilik satu per satu travel deals yang ditawarkan, saya kok tergoda untuk membeli paket tur satu hari trip ke Kepulauan Seribu yang notabene murah banget. Hanya dengan membeli voucher seharga 95.000 rupiah, saya bisa island hopping ke Pulau Onrust, Pulau Kelor, dan Pulau Cipir sekaligus dalam satu hari; dimana voucher tersebut sudah include dengan tiket masuk, guide dan materi wisata, serta dokumentasi foto.

Lebih murah dari operator open trip lain

Lebih murah dari operator open trip lain

Setelah membaca syarat dan ketentuan penggunaan voucher beserta cara reservasinya yang tertulis dengan jelas di website, saya pun melakukan pemesanan voucher dengan tahapan yang kurang lebih sama dengan langkah-langkah saat memesan hotel: 1. tentukan jumlah voucher yang akan dibeli; 2. lengkapi data pelanggan; 3. pastikan rincian pemesanan dan tagihan telah sesuai; 4. pilih metode pembayaran; 5. bayar tagihan sebelum batas waktu pembayaran berakhir; 6. lakukan konfirmasi pembayaran melalui form yang telah disediakan. Selesai deh. Semudah itu! Hanya butuh waktu yang tak sampai lima menit untuk menyelesaikan semua tahapan ini. Secepat itu! Selanjutnya saya tinggal menunggu email konfirmasi untuk kode vouchernya.

***

Lewat 40 menit dari waktu pembayaran, saya pun kembali mengunjungi website Mister Aladin untuk menghubungi customer service-nya melalui fasilitas livechat karena saya masih belum menerima email konfirmasi kode voucher. Tanpa perlu menunggu lama, pesan saya langsung ditanggapi oleh salah seorang CS-nya yang bernama Ita.

Menghubungi customer service melalui fasilitas livechat

Menghubungi customer service melalui fasilitas livechat

Dengan ramah Ita menjelaskan kalau email konfirmasi akan otomatis terkirim saat transaksi pembayaran berhasil dilakukan. Ita pun mengonfirmasi status pembayaran saya yang masih terbaca ‘pending‘ dalam sistemnya, dengan kemungkinan masih dalam proses transfer bank. Ita lalu menyarankan agar saya menunggu beberapa jam lagi, dan kembali menghubungi CS bila email konfirmasi belum juga diterima.

Singkat cerita, dua jam kemudian saya pun kembali menghubungi CS Mister Aladin melalui fasilitas livechat karena belum juga menerima email konfirmasi. Pembicaraan pun berlanjut melalui telepon untuk mengonfirmasi hal-hal teknis terkait metode pembayaran yang saya gunakan. Barulah beberapa menit kemudian, dua buah surel berisi kode voucher akhirnya menghampiri kotak email saya; disusul dengan sebuah telepon yang kembali mengonfirmasi apakah saya telah menerima email kode voucher dimaksud.

Akhirnya datang juga emailnya :D

Akhirnya datang juga emailnya πŸ˜€

Dari kejadian ini saya tidak lantas serta-merta menyimpulkan kalau transaksi di Mister Aladin itu ribet dan lambat, karena dalam bertransaksi online tidak selalu segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Ada kalanya proses transaksi mengalami kendala teknis; dimana kendala itu bisa saja muncul di luar kendali konsumen dan pelaku usaha. Untuk mengantisipasi kondisi ini, diperlukan tim customer service yang mampu melayani semua keluhan pelanggan dengan kualitas pelayanan prima. Dan berdasarkan kesan yang saya peroleh setelah bertransaksi dengan Mister Aladin, mereka memang memiliki kualitas pelayanan terbaik! Terima kasih Mister Aladin πŸ™‚

***

pssttt… Ada kabar gembira buat para pejalan se-Indonesia: menurut bocoran yang saya peroleh saat kongkow bareng Mister Aladin, di bulan Mei ini Mister Aladin akan menjual paket tur 4 hari 3 malam keliling Bangkok dan Pattaya cuma seharga 10 ribu rupiah saja! Iya, serius! Harga ini sudah termasuk tiket pesawat PP, fasilitas hotel bintang 3, serta tur wisata. Bukan murah lagi ini, sih. Makanya rajin-rajinlah sambangi website dan sosial medianya biar nggak nyesel karena ketinggalan program promonya.

mister aladin

Mister Aladin

Website: misteraladin.com

Twitter: twitter.com/MisterAladinID

Facebook: facebook.com/MisterAladin

Instagram: instagram.com/MIsterAladin

Advertisements