Tags

, , , , , ,

Promo Tiket Batavia Air

Boleh dibilang saya sangat beruntung bisa mendapatkan tiket promo Batavia Air Jakarta – Lombok hanya seharga 139 ribu rupiah saja, secara hanya sedikit maskapai yang melayani penerbangan Jakarta – Lombok, dan dari yang sedikit itu, jarang sekali yang mau berbaik hati ngasih tarif promo.

Saya mendapatkan tiket ini tiga bulan sebelum keberangkatan. Batavia yang jarang sekali bagi-bagi tiket murah, bak petir di siang hari, sekonyong-konyong ngadain promo 88 ribu ke semua rute di siang hari bolong. Alhasil banyak pemburu tiket promo yang mencaci Batavia karena websitenya padat traffic dan sulit diakses. Serangkaian umpatan, hujatan, dan tuduhan dilayangkan ke akun twitter Batavia, @bataviaair. Saya yang beruntung siang itu bisa mendapatkan tiket Jakarta – Lombok – Surabaya karena mengakses via android yang lancar-lancar aja malah ditakut-takutin:Β  “semoga beneran terbang yaa”. Hadehh..

Sebulan sebelum keberangkatan, saya dikabari via telpon kalau jam keberangkatan dari Jakarta ke Lombok mengalami perubahan, dari yang tadinya pukul 16.20 menjadi pukul 15.45. Maju 35 menit. Oke, gak masalah. Justru bagus malah, saya jadi tidak terlalu larut malam sampai di Lomboknya.

Menjelang tanggal keberangkatan, saya jadi senewen dan deg-degan karena Jakarta lagi dilanda banjir besar-besaran. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, saya berangkat lebih pagi dari rumah, dan mendapati ternyata jalanan tidak separah seperti yang saya sangka. Jadilah kemudian kamiΒ check-in kepagian.

Lima belas menit menjelang keberangkatan, masih juga belum terdengar panggilan untuk boarding. Yang ada justru pengumuman agar para penumpang mengambil jatah snack yang telah disediakan karena pesawat yang jam keberangkatannya dimajukan itu ternyata malah delay, Kawan! Saya mulai senewen lagi, khawatir yang ditakut-takutkan orang pada saya terbukti: jangan-jangan gak jadi berangkat! Haduhh.. Tiga puluh menit berlalu, dan pengumuman dari pengeras suara kembali terdengar. Bukan. Bukan untuk boarding Kawan, melainkan kali ini kami dipersilakan untuk mengambil jatah makanan berat. Errr..

Tentu saja kalau dengan maskapai lain akan berbeda ceritanya. Saya tidak akan se-senewen ini meskipun yang namanya delay tetap saja bikin sewot. Tapi-ini-kan-Batavia. Maskapai yang rumor kebangkrutannya sedang santer terdengar. Jadi wajar, kan, kalau saya jadi mudah senewen?! :mrgreen:

Untung saja delaynya ternyata tidak terlalu lama, dan ada untungnya juga delay, secara di pesawat, Batavia tidak menyediakan apa-apa selain air mineral gelas doang, sedang waktu tempuh perjalanan cukup panjang: 65 menit waktu tempuh Jakarta – Surabaya, 20 menit transit, dan 45 menit waktu tempuh Surabaya – Lombok.

Dan Kawan, untungnya lagi, saya memilih tanggal 30 Januari sebagai tanggal kembali dari Lombok ke Surabaya, karena terlambat satu hari saja, saya pasti kalang kabut, kebakaran jenggot, secara tengah malamnya di tanggal yang sama, Batavia dinyatakan resmi berhenti beroperasi. Batavia pailit, Kawan! Gak kebayang kalau saya sampai telat kembali dan mesti mencari tiket pengganti yang sudah pasti harganya bisa 6 sampai belasan kali lipat lebih mahal. Betapa beruntungnya saya yaa?! Hhehe.. By the way, sebenarnya saya gak punya jenggot Kawan. Kalau gak percaya, silakan saja cek foto-foto saya. πŸ˜›

Travel Info:

Untuk bisa ke Lombok dengan biaya transportasi lebih murah, kalian bisa menggunakan alternatif jalan darat dan laut dengan menumpang kereta dan kapal ferry. Dari Jakarta naik kereta jurusan Surabaya Gubeng –> lalu lanjut naik kereta lagi ke Banyuwangi –> sampai di Banyuwangi, jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang –> lalu naik ferry ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali –> dari Gilimanuk, dilanjut naik bis ke Pelabuhan Padang Bai –> lalu nyebrang ke Pelabuhan Lembar –> sampai dehh di Lombok. πŸ˜€

Advertisements